3 Contoh Homofon yang Mudah Dipahami

Bahasa Indonesia memiliki keunikan-keunikan, diataranya adalah variasi kata-kata seperti, homonim, homofon, homograf, dan polisemi. Dalam artikel kali ini, kita akan membahas istilah homofon berserta dengan contoh homofon yang mungkin sudah banyak diketahui oleh Anda.

Pada dasarnya tidak sulit untuk mengingat pengertian dari homofon. Homofon berasal dari kata homo dan fon. Homo berarti sama sedangkan fon adalah bunyi. Jika digabungkan, maka kedua kata tersebut memiliki makna sebagai hubungan antara dua kata dengan bunyi yang sama tetapi penulisan serta makna yang berbeda.
Contoh Homofon
Kata-kata homofon sulit untuk diidentifikasi arti atau maknanya tanpa ditulis atau digabungkan menjadi suatu kalimat yang utuh. Kata-kata homofon berbanding terbalik dengan homograf.

3 Contoh Homofon yang Mudah Dipahami

Contoh homofon yang paling mudah adalah kata tujuh (berarti angka) dan tuju (tujuan atau hal yang ingin dicapai).

Tetapi ada juga penggunaan kata lain misalnya band (grup musik) dan ben (nama orang). Contoh kalimatnya sebagai berikut:
  • Ayahku dulunya adalah seorang pemain band
  • Paman Ben baru saja pulang dari desa
Ada juga contoh homofon yang sederhana seperti penggunaan kata mint (jenis rasa yang sejuk atau dingin di lidah) dan min (minimum / mengurangi).

Demikianlah beberapa contoh sederhana dari homofon. Apakah Anda sudah menemukan contoh homofon di sekitar anda? Semoga artikel kali ini dapat bermanfaat untuk Anda.
Bagi ke FB
Bagi ke G+

Related : 3 Contoh Homofon yang Mudah Dipahami

0 komentar:

Posting Komentar

Anda boleh tuliskan ide, saran, kritik di kolom komentar ini.