3 Contoh Homograf dalamKehidupan Sehari-hari

Sebelum mengetahui apa saja contoh homograf, sebaiknya ketahui terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan homograf itu sendiri. Homograf merupakan keragaman yang ada pada sastra bahasa Indonesia yang memiliki kesamaan dalam penulisan tetapi berbeda bunyi dan maknanya.
Contoh Homograf

3 Contoh Homograf dalam Kehidupan Sehari-hari

“Mental” adalah salah satu contoh homograf. Contoh kalimatnya adalah “bola basket itu mental ke tubuh Andi” sedangkan contoh yang kedua adalah “Kakaknya mengalami gangguan mental”. Kedua kalimat tersebut tentu memiliki pengertian yang berbeda. “Mental” pada kalimat pertama artinya terpelanting sedangkan pada kalimat kedua artinya kondisi kesehatan seseorang.

Contoh homograf lainnya adalah “tahu”. “Budi mengetahui bahwa ayahnya akan pulang hari ini” dan “Tahu merupakan oleh-oleh yang khas dari Sumedang”. Arti kata tahu pada kalimat pertama adalah mengetahui atau mengerti akan suatu kejadian sedangkan tahu pada kalimat kedua artinya adalah nama makanan.

Kata “serak” merupakan salah satu contoh homograf lainnya. Jika kata serak ada pada kalimat “Cakra Khan memiliki suara serak yang unik” maka serak yang dimaksud adalah suara yang parau. Berbeda jika kata serak ada pada kalimat “sampah itu berserakan di lantai”. Sama-sama berasal dari kata serak, kalimat kedua justru memiliki arti tidak teratur.

Demikian tulisan terkait beberapa contoh homograf beserta dengan pengertiannya. Semoga ulasan ini bermanfaat untuk Anda yang kebingungan dalam memahami apa yang dimaksud dengan homograf.
Bagi ke FB
Bagi ke G+

Related : 3 Contoh Homograf dalamKehidupan Sehari-hari

0 komentar:

Posting Komentar

Anda boleh tuliskan ide, saran, kritik di kolom komentar ini.