3 Contoh Homograf Terbaik

Homograf berasal dari bahasa Yunani yakni “homo” dan “graf” yang artinya adalah tulisan yang sama. Dengan kata lain, homograf artinya adalah kata yang memiliki ejaan sama dengan kata yang lainnya namun maknanya berbeda. Berikut ini adalah beberapa contoh homograf.
Contoh Homograf

3 Contoh Homograf Terbaik

“Seri” merupakan salah satu kata yang bisa dijadikan sebagai contoh homograf. Misalnya pada kalimat “Pertandingan bulu tangkis putra antara Indonesia dan China seri”, maka kata seri mengandung pengertian seimbang atau sama. Lain halnya pada kalimat “novel itu sudah memasuki seri kedelapan”, dimana kata seri disini mengandung arti series atau sekuel. 

Contoh homograf berikutnya adalah “teras”. “para tukang kayu tersebut mengambil teras untuk dibuat menjadi furniture”. Arti dari kata teras ini adalah kayu yang digunakan untuk membuat furnitur. Lain halnya pada kalimat “bu Indah duduk di teras depan sembari menunggu anaknya pulang sekolah”. Kata teras pada kalimat kedua menunjukkan arti bagian depan rumah atau beranda rumah.

Contoh homograf lainnya adalah “apel”. Contoh kalimat pertama adalah “apel hari ini semakin hikmat dengan kehadiran pak Gubernur” sedangkan kalimat kedua “apel Malang ini rasanya sangat manis. Pada kalimat pertama, apel yang dimaksudkan adalah sebuah upacara pagi. Sedangkan pada kalimat menunjukkan nama buah.

Sekian ulasan terkait contoh homograf. Semoga dapat mempermudah Anda untuk membedakan mana saja yang masuk ke dalam kata-kata homograf.
Bagi ke FB
Bagi ke G+

Related : 3 Contoh Homograf Terbaik

0 komentar:

Posting Komentar

Anda boleh tuliskan ide, saran, kritik di kolom komentar ini.