3 Contoh Jurnal Akuntansi untuk Bisnis

Jurnal adalah data yang diperoleh dari proses pengumpulan dan pencatatan setiap transaksi keuangan yang sering digunakan para pelaku bisnis atau sebuah organisasi. Ada banyak sekali contoh jurnal akuntansi yang bisa dijadikan acuan dalam analisis transaksi, mulai dari yang paling sederhana hingga yang rumit sekalipun. Journalizing harus dilakukan berdasarkan informasi transaksi yang kronologis sehingga mudah dianalisis oleh orang lain yang berkepentingan. Berikut ini merupakan contoh-contoh jurnal terkait debit dan kredit dalam akutansi
Contoh Jurnal Akuntansi

3 Contoh Jurnal Akuntansi untuk Bisnis

Contoh jurnal akuntansi yang pertama adalah pada tanggal 10 November 2015, Bagus membeli sirup  sebanyak 3 buah untuk kegiatan organisasi “Paskibraka Melati” seharga Rp 40.000 dengan kode nota ZZZ, di Toko Mulia. Dari data tersebut, jurnal yang dapat dibuat terdiri dari nomor transaksi, tanggal 10 November, bukti transaksi, dan kredit sejumlah Rp 40.000. Keterangan dapat diisi dengan tujuan membeli sirup tersebut.

Contoh jurnal akuntansi dengan pencatatan sederhana selanjutnya adalah CV Budinegoro menerima keuntungan atau pemasukan sebesar Rp 50.000.000 pada tanggal 15 Juni 2015. Maka jurnal yang dibuat cukup dengan mengisi nomor jurnal, tanggal serta debit, keterangan dan nama akun.

Contoh jurnal akuntansi berikutnya adalah tanggal 17 Juni 2016: Ny. Melati menanamkan modal awal ke sebuah perusahaan bernama “PT Bagus Sentosa” sebesar Rp 30.000.000. Maka analisis data yang bisa dimasukkan ke dalam jurnal adalah tanggal, debet, keterangan dan juga nama akun. Untuk akun, diisi dengan nama Kas.

Demikian ulasan mengenai Contoh jurnal akuntansi yang mudah untuk diterapkan, semoga bermanfaat.
Bagi ke FB
Bagi ke G+

Related : 3 Contoh Jurnal Akuntansi untuk Bisnis

0 komentar:

Posting Komentar

Anda boleh tuliskan ide, saran, kritik di kolom komentar ini.