4 Contoh Homograf Simpel

Homograf adalah kumpulan kata yang terdiri dari ejaan yang sama namun dalam pengucapan dan maknanya berbeda. Perbedaan makna ini akan terlihat meskipun tidak disertai dengan konteks kalimat. Bagi Anda yang belum begitu mengerti, berikut ini adalah contoh homograf.
Contoh Homograf

4 Contoh Homograf Simpel

Contoh homograf yang tentunya dimengerti banyak orang salah satunya adalah “beruang”. Kata beruang memiliki dua makna yakni memiliki banyak uang atau nama hewan. Contohnya “beruang itu sedang makan” atau “Karena usaha yang dijalaninya, kini Ken beruang banyak”.

Contoh lainnya adalah “per”, misalnya “per timbangan itu mulai rusak” dan “harga beras per kilogramnya naik”. Dari kedua kalimat tersebut, bisa disimpulkan bahwa “per” yang dimaksud pada kalimat pertama adalah sebuah alat sedangkan pada kalimat kedua adalah pembagian.

Contoh homograf lainnya adalah “kecap”, misalnya “kecap itu rasanya manis” dan “jangan berkecap saat makan”. Kecap pada kedua kalimat tersebut memiliki dua pengertian yang berbeda. Kalimat pertama mengartikan bahwa kecap yang dimaksud adalah makanan sedangkan pada kalimat kedua menjelaskan arti pengujaran atau berbicara.

Contoh homograf berikutnya “memerah”. Contoh kalimatnya “memerah sapi sangatlah mudah” dan “wajahnya memerah saat melihat kekasihnya pergi”. Kata memerah pada kalimat pertama memiliki arti kegiatan untuk mengambil susu dari sapi. Sedangkan kalimat kedua menandakan bahwa iya merasa marah sehingga warna wajahnya memerah.

Berikut tadi merupakan beberapa contoh homograf. Semoga dapat membantu meningkatkan pemahaman Anda terkait homograf.
Bagi ke FB
Bagi ke G+

Related : 4 Contoh Homograf Simpel

0 komentar:

Posting Komentar

Anda boleh tuliskan ide, saran, kritik di kolom komentar ini.