5 Contoh Homofon Paling Populer

Dalam pelajaran bahasa Indonesia di masa sekolah, kita mendapatkan banyak sekali materi yang menarik. Bagaimana dengan Anda sendiri, saya kira Anda juga tertarik dengan materi bahasa Indonesia? Mungkinkah masih ingat dengan materi yang diberikan dahulu? Salah satu materi yang mudah diingat dan tidak sulit untuk dicari di sekitar kita adalah mengenai istilah homograf, homonim, dan homofon.
Contoh Homofon
Khusus untuk artikel kali ini, kita akan membahas contoh homofon tapi setelah bahasan mengenai istilah homofon terlebih dahulu. Homofon sendiri memiliki pengertian sebagai kata yang memiliki pengucapan sama dengan kata lainnya tetapi berbeda pada segi penulisan serta ejaannya.

Homofon sendiri berasal dari dua kata yaitu homo (sama) dan foni (bunyi / suara). Tidak sulit untuk menemukan contoh homofon yang ada di sekitar kita. Berikut adalah kata-kata yang berhomofon.

5 Contoh Homofon Paling Populer

  • Selip (menyelipkan) dan slip (misal:slip pembayaran)
  • Djarum (brand rokok) dan jarum (alat jahit)
  • Hak (kepemilikan, berhak) dan haq (kebenaran)
  • Rok (pakaian) dan rock (jenis aliran musik) 
  • Tank (kendaraan perang) dan tang (alat perkakas) 
Adapun contoh kalimatnya sebagai berikut:
  • Ayah senang musik rock sedangkan ibu suka memakai rok.
Tentunya masih lebih banyak lagi contoh homofon yang bisa Anda dapatkan. Jika Anda merasa penasaran, cobalah untuk mengeksplorasi sekitar Anda banyak sekali contoh lainnya yang sering kita gunakan dalam bahasa sehari-hari. Demikianlah artikel mengenai contoh homofon kali ini semoga dapat berguna bagi Anda.
Bagi ke FB
Bagi ke G+

Related : 5 Contoh Homofon Paling Populer

0 komentar:

Posting Komentar

Anda boleh tuliskan ide, saran, kritik di kolom komentar ini.