Contoh Ekosistem Alami, Buatan, dan Suksesi

Apa saja contoh ekosistem? Untuk menjawab pertanyaan ini secara rinci maka Anda harus mengetahui terlebih dahulu jenis-jenis dari ekosistem. Pengertian dari ekosistem sendiri yaitu merupakan satu kesatuan fungsional antara komponen biotik (makhluk hidup) dan komponen abiotik (komponen tak hidup atau lingkungan) yang saling berinteraksi dan saling mempengaruhi dalam bentuk hubungan timbal balik antara satu dengan yang lain. Bisa dikatakan bahwa suatu ekosistem dapat berbentuk karena adanya hubungan antara makhluk hidup dengan lingkungannya.
Berikut ini adalah penjelasan mengenai jenis-jenis dari ekosistem dan contoh ekosistem.
Contoh Ekosistem


Contoh Ekosistem Alami, Buatan, dan Suksesi

1.    Ekosistem Alami
Sesuai dengan namanya maka jenis ekosistem yang satu ini terbentuk secara alami tanpa campur tangan manusia. Contohnya: ekosistem padang rumput, ekosistem gurun, dan ekosistem hutan hujan tropis.

2.    Ekosistem Buatan
Merupakan ekosistem yang sengaja dibuat oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan atau keperluan hidupnya. Contohnya: sawah, waduk, perkebunan, dan kolam. Umumnya ekosistem buatan memiliki keanekaragaman biotik rendah, karena ditentukan oleh pembuatnya. Misalnya komponen biotik pada ekosistem sawah, yaitu padi; pada kolam, yaitu jenis ikan tertentu, seperti ikan mas atau ikan gurami.

3.    Ekosistem Suksesi
Merupakan ekosistem yang terbentuk dari kerusakan atau bencana alam. Contohnya adalah ekosistem yang terbentuk di area yang terkena dampak meletusnya Gunung Krakatau pada tahun 1883.
Itulah ketiga jenis dan contoh ekosistem yang ada. Semoga dapat berguna bagi Anda.
Bagi ke FB
Bagi ke G+

Related : Contoh Ekosistem Alami, Buatan, dan Suksesi

0 komentar:

Posting Komentar

Anda boleh tuliskan ide, saran, kritik di kolom komentar ini.