Contoh Ekosistem dan Jenisnya

Kali ini materi yang akan dibahas adalah mengenai contoh ekosistem. Tetapi sebelumnya mari kita mengetahui dahulu apa itu ekosistem. Ekosistem adalah suatu sistem ekologi yang terbentuk oleh hubungan timbal balik tak terpisahkan antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Ekosistem merupakan penggabungan dari setiap unit biosistem yang melibatkan interaksi timbal balik antara organisme dan lingkungan fisik sehingga aliran energi menuju kepada suatu struktur biotik tertentu dan terjadi suatu siklus materi antara organisme dan anorganisme. Matahari sebagai sumber dari semua energi yang ada.
Contoh Ekosistem


Contoh Ekosistem dan Jenisnya

Ekosistem sendiri dibagi menjadi dua yaitu ekosistem perairan dengan ekosistem darat. Selain itu ada juga ekosistem alami dan ekosistem buatan. Di bawah ini merupakan contoh-contoh ekosistem yang ada di sekitar kita.

-    Sawah
-    Samudra atlantik
-    Kebun binatang
-    Hutan hujan tropis
-    Sabana
-    Akuarium
-    Waduk
-    Sungai
-    Gua

Itulah beberapa contoh ekosistem. Sawah, waduk, akuarium, dan kebun binatang dapat dikategorikan sebagai ekosistem buatan. Sedangkan sisanya adalah ekosistem alami. Kemudian sabana dan hutan hujan tropis adalah ekosistem daratan. Sedangkan sungai, samudra atlantik, dan waduk termasuk dalam ekosistem perairan. Demikianlah artikel kali ini semoga anda semakin paham dengan jenis-jenis ekosistem beserta dengan contohnya.
Bagi ke FB
Bagi ke G+

Related : Contoh Ekosistem dan Jenisnya

0 komentar:

Posting Komentar

Anda boleh tuliskan ide, saran, kritik di kolom komentar ini.