Contoh Ikhfa Haqiqi

Bagi Anda yang ingin belajar membaca Al-Quran yang baik dan benar, maka perlu mengetahui beberapa ilmu tajwid. Penguasaan ilmu ini sangat penting karena jika Anda kurang memahami bagaimana ilmu ini maka bisa dipastikan bahwa bacaan yang Anda baca akan salah. Ilmu ini menjadi pengukur Anda yang ingin membaca tajwid dengan benar. Selain tajwid Anda juga harus hafal macam-macam ilmu tajwid. Salah satunya adalah Ikhfa. Berikut contoh Ikhfa.
Contoh Ikhfa

Contoh Ikhfa Haqiqi

Ikhfa dalam ilmu tajwid terbagi menjadi beberapa macam. Ada Ikhfa haqiqi, Ikhfa syafawi dan sebagainya. Contoh berikut adalah contoh Ikhfa haqiqi. Ikhfa haqiqi adalah bacaan Al-Quran yang bila ada nun mati atau tanwin bertemu dengan salah huruf Ikhfa. Huruf Ikhfa sendiri berjumlah 15 huruf.

Contoh Ikhfa haqiqi dapat kita temui pada bacaan di Al-Quran. Ketika kita bertemu dengan salah satu Ikhfa maka dalam membaca Al-Quran harus samar-samar dan dipanjangkan sepanjang 2 harakat. Huruf-huruf Ikhfa yaitu ta, tsa, ja, da, dza, za, sa, sya, so, dho, tho, dho, kho, fa, ka. Kelima huruf tersebut apabila didepannya bertemu dengan nun maka wajib dibaca dengan panjang. Ikhfa ini harus dibaca dengan samar-samar. Anda akan menemui bacaan Ikhfa di Al-Quran sangat banyak. Oleh karena itu, pahami dan terapkan ilmu tajwid ini. Semoga bermanfaat.
Bagi ke FB
Bagi ke G+
Tags :

Related : Contoh Ikhfa Haqiqi

0 komentar:

Posting Komentar

Anda boleh tuliskan ide, saran, kritik di kolom komentar ini.