Contoh Ikhfa Syafawi Sederhana

Assalamu'alaikum sahabat muslim yang disayang Allah. Semoga Anda dalam keadaan sehat wal afiat. Allah SWT berfirman jika Anda mempunyai ilmu maka bagilah pada orang lain agar bermanfaat. Untuk itu kali ini kami akan berbagai ilmu mengenai hukum tajwid, salah satunya adalah hukum bacaan ikhfa syafawi. Baiklah tidak perlu berlama-lama, mari kita simak pengertian mengenai ikhfa syafawi dan contoh ikhfa syafawi.
Contoh Ikhfa Syafawi

Contoh Ikhfa Syafawi Sederhana

Dinamakan ikhfa syafawi adalah apabila mim sukun bertemu dengan huruf Bak. Ikhfa sendiri bermakna samar sedangkan syafawi berarti bibir. Huruf Mim termasuk dalam huruf swafawiyyah atau huruf yang keluar dari bibir. Jadi apabilan Mim sukun bertemu dengan huruf Bak, maka suara Mim sukunnya harus dibaca samar antara Mim dan Bak. Kemudian ditahan kira-kira dua ketikan sambil mengeluarkan suara dengung. Contoh ikhfa syafawi berikut dapat membantu penjelasan tersebut.

Ada banyak contoh ikhfa syafawi dalam surat Al Qur'an. Mulai dari surat pendek hingga surat dengan ayat yang cukup panjang. Salah satu contohnya bisa Anda temui dalam surat Al Fiil ayat 4. Kemudian bacaan ikhfa syafawi lain bisa Anda jumpai dalam surat Al Baqoroh ayat 33.

Anda bisa lihat langsung dalam al Qur'an. Demikian penjelasan singkat mengenai hukum ikhfa syafawi. Semoga ulasan ini bermanfaat bagi anda. Terimakasih dan Wassalamu'alaikum.
Bagi ke FB
Bagi ke G+

Related : Contoh Ikhfa Syafawi Sederhana

0 komentar:

Posting Komentar

Anda boleh tuliskan ide, saran, kritik di kolom komentar ini.