Contoh Qalqalah "BAJU DI TOKO"

Al Qur'an diturunkan Allah pada Nabi Muhammad SAW dengan tujuan sebagai pedoman umat muslim untuk menjalani hidup. Supaya bisa memahami arti dari ayat-ayat suci ini, Anda diharuskan bisa membaca Al Qur'an dengan baik dan benar. Oleh karena itu, kami akan membagikan artikel mengenai tajwid khususnya pada hukum bacaan qalqalah. Langsung saja berikut penjelasan dan contoh qalqalah selengkapnya.
Contoh Qalqalah


Contoh Qalqalah "BAJU DI TOKO"

Qalqalah mempunyai arti getaran suara, memantul, atau membal. Sedangkan sesuai istilah bermakna melafalkan dengan suara berlebih dari makhraj hurufnya. Jika Anda baca hurufnya tidak lantas menghilang tapi masih terdengar perlahan. Huruf qalqalah biasa disingkat dengan istilah BAJU DI TOKO, karena terdiri dari Bak, Jim, Dal, Tho, dan Qaf. Contoh qalqalah selengkapnya berikut ini.
Pembagian Hukum Bacaan Qalqalah

Qalqalah digolongkan menjadi qalqalah sugra dan kubro. Qalqalah sugro terjadi bila huruf qalqalah mati pada kata asalnya. Cara membacanya tidak terlalu kuat, seperti huruf Bak pada surat Al Kautsar ayat 3. Kemudian untuk qalqalah kubro terjadi apabila huruf qalqalah yang mati bukan pada asalnya. Cara membacanya harus mantap dengan pantulan kuat. Contoh qalqalah kubro bisa ditemukan pada huruf Ba dalam surat Al Lahab ayat 2. Demikian penjelasan singkat mengenai hukum qalqalah. Semoga bisa menambah pengetahuan Anda dalam mempelajari tajwid. Jadi bacaan Al Qur'an Anda semakin baik.
Bagi ke FB
Bagi ke G+

Related : Contoh Qalqalah "BAJU DI TOKO"

0 komentar:

Posting Komentar

Anda boleh tuliskan ide, saran, kritik di kolom komentar ini.