Contoh Qalqalah Kubra

Assalamuallaikum saudara muslim yang dirahmati Allah. Sesuai dengan firman Allah dalam salah satu ayatNya, kita diwajibkan untuk selalu belajar. Oleh karena itu kali ini kami akan mengajak Anda untuk belajar mengenai ilmu tajwid, khususnya mengenai hukum bacaan qalqalah kubro. Meskipun sudah sering dibahas, namun tidak ada salahnya mengulangi pelajaran ini agar bacaan Al Quran Anda lebih baik. Langsung saja berikut pengertian dan contoh qalqalah kubro.
Contoh Qalqalah


Contoh Qalqalah Kubra

Secara harfiah, qalqalah mempunyai arti getaran, memantul dan membal. Dan secara istilah berarti getaran suara yang timbul ketika membaca lafal yang mempunyai huruf asli mati atau sukun karena diwaqafkan. Huruf qalqalah tersebut saat kita baca masih terdengar bukan hilang. Bisa dibilang terdengar secara perlahan-lahan. Huruf qalqalah ini ada lima, yaitu Qaf, Tho, Ba, Jim, serta Dal. Berikut salah satu contoh qalqalah yang lebih jelas.

Qalqalah kubro terjadi bila ada huruf qalqalah yang terletak pada akhir kata yang dibaca sukun. Baik itu karena berharokat sukun atau berharakat fathah, dammah, kasrah atau tanwin, namun dibaca berhenti. Anda harus membaca lebih jelas dengan pantulan kuat. Contoh qalqalah kubro dengan huruf Tho bisa ditemukan pada surat Al Buruj ayat 20. Selain itu bisa terdapat juga pada surat Al Lahab ayat 2 untuk huruf qalqalah Bak.
Bagi ke FB
Bagi ke G+

Related : Contoh Qalqalah Kubra

0 komentar:

Posting Komentar

Anda boleh tuliskan ide, saran, kritik di kolom komentar ini.