Contoh Qalqalah Sugra 2

Ilmu tajwid memang sudah diajarkan sejak anak masih kecil. Karena memang kita harus mengerti ilmu tajwid agar bisa membaca Al Qur'an dengan baik dan benar. Untuk mengingat kembali pelajaran tajwid tentang qalqalah dan contoh qalqalah, tidak ada salahnya kami berbagi ilmu dalam artikel ini. Supaya nanti Anda lebih lancar membaca Al Qur'an dengan baik dan benar.
Contoh Qalqalah

Contoh Qalqalah Sugra 2

Menurut bahasa qalqalah artinya pantulan gerak atau getaran suara. Dan menurut istilah, qalqalah melafalkan huruf-huruf tertentu dalam satu kalimat dengan suara memantul dari makhrajnya karena huruf tersebut berharakat fathah, dammah atau kasrah yang dibaca sukun karena berhenti. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa menyimak contoh qalqalah berikut ini.

Hukum bacaan qalqalah terbagi atau dua macam, yaitu qalqalah sughra dan kubro. Kali ini akan dijelaskan mengenai qalqalah sughra atau kecil. Qalqalah sughra terjadi ketika salah satu dari huruf Bak, Jim, Dal, Tha, dan Qaf terletak di pertengahan kata yang berharokat sukun.

Contoh qalqalah sughra huruf Jim bisa Anda jumpai dalam surat At Tin ayat 6. Kemudian untuk contoh qalqalah sughra huruf Dal bisa Anda temukan saat membaca surat At Tin ayat 5. Demikian artikel mengenai hukum bacaan qalqalah. Semoga Anda lebih dapat memahami ilmu tajwid dan dapat membaca Al Qur'an dengan baik.
Bagi ke FB
Bagi ke G+

Related : Contoh Qalqalah Sugra 2

0 komentar:

Posting Komentar

Anda boleh tuliskan ide, saran, kritik di kolom komentar ini.