Contoh Qiyas Dalam Masyarakat

Qiyas adalah perbuatan menyamakan pendapat para ulama yang aturannya belum ada didalam Al-Quran maupun alhadist. Qiyas sendiri diperoleh dari berbagai pendapat dan juga berbagai saran yang kemudian disatukan untuk dapat diambil kesimpulan. Namun, untuk mencapai kata mufakat diperlukan pemilihan baik dari manfaat positif, manfaat negatif, penyebab, gejala, dan berbagai faktor lainnya yang dianggap lebih baik atau lebih buruk.
Contoh Qiyas

Contoh Qiyas Dalam Masyarakat

Jika lebih baik maka akan dianggap menjadi aturan yang baik sedangkan jika kesimpulan yang didapatkan lebih banyak kerugiannya maka akan dianggap haram dan layak untuk ditinggalkan. Seperti apa contoh qiyas yang dapat kita lihat dalam kehidupan sehari-hari? berikut uraian selengkapnya.

Contoh qiyas
yang biasa terjadi dalam masyarakat adalah tentang warisan yang biasa terjadi dikalangan masyarakat. Selain warisan, terdapat pula larangan meminum alkohol. Alkohol memiliki sifat memabukkan. Dan seseorang yang mabuk biasanya melakukan hal-hal yang kurang terpuji. Selain itu, mabuk juga merusak kesehatan tubuh dan termasuk kedalam sifat boros.

Oleh karena itu, meminum minuman beralkohol diharamkan karena lebih banyak efek negatifnya dibandingkan dengan efek positif yang diperoleh baik dalam hal ekonomi maupun kesehatan.
Contoh qiyas selanjutnya adalah tindakan yang dilakukan saat seseorang yang beragama islam mendengar adzan atau panggilan sholat. Saat itu, orang tersebut harus meninggalkan aktivitasnya dan mendahulukan sholat terlebih dahulu.
Bagi ke FB
Bagi ke G+
Tags :

Related : Contoh Qiyas Dalam Masyarakat

0 komentar:

Posting Komentar

Anda boleh tuliskan ide, saran, kritik di kolom komentar ini.