Contoh Qiyas Sederhana

Qiyas adalah membandingkan, mengukur, atau menyamakan pendapat. Dalam islam sendiri qiyas berarti menetapkan suatu hukum atau aturan yang sebelumnya belum ada. Namun aturan tersebut diputuskan berdasarkan beberapa pendapat, manfaat, sebab, bahaya, dan berbagai aspek lainnya yang harus disatukan untuk mencapai aturan tersebut. Aturan qiyas bukan aturan main-main karena terdapat dasarnya dan juga untuk kepentingan bersama yang harus disepakati oleh setiap orang.
Contoh Qiyas

Contoh Qiyas Sederhana

Qiyas sendiri terbagi menjadi beberapa jenis. Berikut akan kami uraikan pengertian beserta dengan contoh qiyas yang dapat Anda pahami kemudian Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari. 

Qiyas aula adalah qiyas yang memiliki hukum yang lebih kuat daripada hukum ashl. Contoh qiyas juga sudah dijelaskan secara gamblang. Contoh nyata perbuatan qiyas adalah mengatakan hal-hal yang tidak mengenakkan kepada kedua orangtua ataupun kepada saudara-saudara lainnya. Selain perkataan yang tidak enak, berkata yang tidak sopan kepada orangtua khususnya ibu sangat diharamkan terlebih jika kita sampai mengucapkan kata-kata ah.

Selain perkataan yang tidak baik, contoh qiyas lainnya yang dapat kita temui dalam kehidupan sehari-hari adalah perbuatan-perbuatan yang merugikan orang lain seperti perbuatan memukul orang yang lebih tua dari kita, menyakiti orang-orang disekitar kita dan berbagai contoh lainnya yang ada disekitar kita. Semoga kita semua tidak sembarangan dan juga tidak menyakiti perasaan orang lain.
Bagi ke FB
Bagi ke G+
Tags :

Related : Contoh Qiyas Sederhana

0 komentar:

Posting Komentar

Anda boleh tuliskan ide, saran, kritik di kolom komentar ini.