Contoh Qiyas tentang Rokok

Sebagai umat islam tentu kita sudah tahu bahwa semua perbuatan yang baik memiliki manfaat dan juga keutamaan tersendri. Namun ada beberapa hal yang masih menjadi pertimbangkan masyarakat terutama terkait hal-hal yang tidak disebutkan dalam Al-Quran maupun alhadist dan bagaimana dengan hukumnya.
Contoh Qiyas

Contoh Qiyas tentang Rokok

Melihat kondisi seperti itu, maka para ulama kemudian membuat kesepakatan untuk mengatur hal-hal yang belum ada di Al-Quran maupun alhadist. Hal tersebut dinamakan dengan qiyas. Aturan dalam qiyas tidak hanya dilihat dari kesepakatan para ulama semata, melainkan dilihat berdasarkan manfaat, bahaya, penyebab, dan juga faktor lainnya yang kemudian dapat diambil kesimpulan dan solusi terbaiknya. Contoh qiyas ada banyak. Berikut contohnya.

Contoh qiyas yang pertama adalah merokok. Dalam Al-Quran dan alhadist tidak disebutkan larangan merokok karena pada zaman Rasulullah masih hidup memang belum ada rokok. Namun saat ini banyak sekali ditemukan rokok dimana-mana. Oleh para ahli merokok disepakati untuk dianggap sebagai sesuatu yang haram.

Contoh qiyas larangan merokok memang tidak baik untuk tubuh dan juga termasuk sesuatu yang dianggap boros sekaligus tidak memiliki manfaat apapun. Sehingga hal ini dianggap sebagai sesuatu yang dianggap haram karena lebih banyak bahayanya dibandingkan dengan manfaatnya. Selain itu, merokok juga dianggap boros dan dalam Al-Quran sudah disebutkan bahwa boros adalah temannya syetan.
Bagi ke FB
Bagi ke G+
Tags :

Related : Contoh Qiyas tentang Rokok

0 komentar:

Posting Komentar

Anda boleh tuliskan ide, saran, kritik di kolom komentar ini.