Contoh Wangsalan Sederhana

Untuk Anda yang gemar bermain pantun dan kebetulan tinggal di Pulau Jawa maka tentunya Anda pasti tahu dengan istilah Wangsalan. Untuk para pelajar yang sekolah di Pulau Jawa pasti juga akan menerima pelajaran bahasa Jawa yang membahas tentang Wangsalan Jawa ini. Namun untuk yang berada di luar Pulau Jawa seringkali merasa asing dengan istilah tersebut. Jadi Wangsalan merupakan pantun yang di dalam bahasa Jawa disebut dengan Parikan. Contoh Wangsalan sangat banyak sekali dan untuk Anda yang ingin belajar Wangsalan maka langsung saja simak ulasan yang ada dibawah ini.
Contoh Wangsalan

Contoh Wangsalan Sederhana

Contoh Wangsalan yang pertama yaitu 'Pindhang lulang, kacek apa aku karo kowe'. Sandinya yaitu 'pindhang lulang' sama dengan krecek. Wangsulannya, 'kacek apa aku karo kowe'. Kemudian contoh wangsalah jawa lainnya yaitu 'Kukus gantung, tak sawang sajake bingung'. Sandinya yaitu 'kukus gantung' dan wangsulannya adalah 'tak sawang sajake bingung'.

Contoh Wangsalan selanjutnya yaitu 'Jenang sela, wader kalensesondheran. Apuranta, yen wonten lepat kawula.'. Sandinya adalah 'Jenang sela 'sama dengan apu dan 'Wader kalen' sama dengan sepat. Wangsulannya adalah 'Apuranta, yen wonten lepat kawula'. Kemudian untuk contoh lainnya yaitu 'Njanur gunung mas, sampeyan gelem mampir'. Sandinya adalah janur gunung sama dengan aren dan wangsulannya adalah 'kadingaren'.

Itulah informasi yang dapat Anda ketahui tentang contoh wangsalan.
Bagi ke FB
Bagi ke G+

Related : Contoh Wangsalan Sederhana

0 komentar:

Posting Komentar

Anda boleh tuliskan ide, saran, kritik di kolom komentar ini.