3 Contoh Review Jurnal Berbagai Disiplin Ilmu

Sebagai seorang mahasiswa, Anda pasti sering mendapatkan tugas untuk membuat review sebuah jurnal. Sering kali Anda mungkin terasa bingung untuk memulainya. Namun tenang saja, dalam artikel ini akan dibahas beberapa contoh review jurnal dari berbagai disiplin ilmu. Masing-masing disiplin ilmu tentu memiliki perbedaan masing-masing dalam membahas sebuah isi jurnal.
Contoh Review Jurnal



3 Contoh Review Jurnal Berbagai Disiplin Ilmu

Masing-masing disiplin ilmu memiliki pokok bahasan yang harus dibahas dalam membuat sebuah review jurnal. Agar lebih mudah dalam membuat review jurnal dari berbagai pokok bahasan, Anda bisa dengan mudah menemukan intisari sebuah jurnal dengan melihat abstrak maupun hasil penelitiannya. Berikut ini contoh review jurnal dari berbagai disiplin ilmu.

Contoh pertama yang bisa Anda praktekkan adalah “berdasarkan dari hasil penelitian yang tertuang dalam jurnal, dapat diketahui bahwa penulis ingin mengungkapkan berbagai faktor yang bisa mempengaruhi posisi rupiah jika dibandingkan dengan dolar”. Merujuk informasi pada kalimat tersebut, dapat diketahui bahwa kalimat tadi sering tertuang dalam contoh review jurnal dengan latar belakang ilmu ekonomi.

Untuk contoh selanjutnya, ada juga yang membuat contoh review jurnal untuk disiplin ilmu pendidikan. Kalimat-kalimat yang sering digunakan dalam misalnya “kompetensi guru dalam mengajar serta kemampuan dalam mengembangkan informasi yang dimiliki sangat berpengaruh pada pengetahuan dan prestasi muridnya”. Dari berbagai diksinya dapat diketahui bahwa review jurnal tersebut merupakan salah satu review jurnal di bidang pendidikan.

Contoh review jurnal yang terakhir misalnya “melalui hasil analisis dari berbagai data yang telah dihimpun, penyakit osteoporosis lebih mudah menyerang pada orang yang sudah menginjak usia lanjut. Terlebih jika asupan kalsiumnya di bawah rata-rata”. Kalimat tersebut sering ditemukan pada review jurnal di bidang kesehatan.

Beberapa contoh review jurnal dari berbagai disiplin ilmu di atas semoga mampu menjadi referensi bagi Anda ketika akan membuat review jurnal. Pastikan Anda mengetahui dengan jelas apa disiplin ilmu dari jurnal yang akan dibahas. Dengan begitu akan lebih mudah memilih kata yang digunakan agar tidak menyimpang dari intisari jurnal tersebut.
Bagi ke FB
Bagi ke G+

Related : 3 Contoh Review Jurnal Berbagai Disiplin Ilmu

0 komentar:

Posting Komentar

Anda boleh tuliskan ide, saran, kritik di kolom komentar ini.