3 Contoh Review Jurnal Internasional

Membuat review jurnal tidak bisa sembarangan dilakukan karena bisa melanggar hak cipta penulisnya. Ada beberapa aturan yang perlu diperhatikan dalam membuat review sebuah jurnal. Terlebih untuk membuat review jurnal yang merupakan jurnal internasional maka bisa dipastikan bahwa pekerjaan Anda dua kali lebih berat. Pertama Anda harus paham benar translate dan makna jurnal tersebut dalam bahasa Indonesia. Kedua, Anda juga harus pintar memilih bagian mana saja yang wajib disebutkan dalam review. Berikut adalah contoh review jurnal untuk jurnal internasional.



3 Contoh Review Jurnal Internasional

Ada sedikit perbedaan dalam membuat jurnal dalam negeri dan jurnal internasional. Jika jurnal dalam negeri, Anda cukup menerangkan mengenai latar belakang, metode, dan hasil dari penelitian yang tertuang dalam jurnal. Namun untuk membuat review jurnal internasional ada sedikit perbedaan, untuk lebih jelasnya Anda bisa menyimak contoh review jurnal internasional di bawah ini.

Contoh review jurnal internasional yang pertama adalah penting bagi Anda untuk menuliskan bagian-bagian inti yang menunjukkan isi jurnal dalam bahasa inggris, lengkap dengan translate dalam bahasa Indonesianya. Hal tersebut bertujuan untuk memperjelas pembaca yang kesulitan memahami isi jurnal dalam bahasa Inggris.

Kedua yang biasa tercantum pada contoh review jurnal internasional adalah menyebutkan sumber data dan metodenya. Kalimatnya bisa berupa “Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis korelasi untuk mengetahui hubungan dua variable”. Untuk contoh kedua tersebut memang sama cara mereview jurnal nasional.

Terakhir, yang wajib Anda lakukan ketika membuat review jurnal internasional adalah dengan membandingkan dengan keadaan di dalam negeri. Contoh review jurnal untuk mengungkapkan perbandingan tersebut misalnya “beberapa hal yang ditemukan dalam penelitian di Berlin, juga ditemukan di Indonesia yakni mengenai sistem pendidikan yang digunakan”.

Membuat review jurnal internasional memang tidak semudah jika dibanding dengan membuat jurnal yang berbahasa asli Indonesia. Namun dengan membaca berapa contoh review jurnal internasional di atas, diharapkan akan sedikit membantu Anda untuk mengetahui apa saja yang perlu dituliskan jika ingin membuat review jurnal internasional.
Bagi ke FB
Bagi ke G+

Related : 3 Contoh Review Jurnal Internasional

0 komentar:

Posting Komentar

Anda boleh tuliskan ide, saran, kritik di kolom komentar ini.