3 Contoh Review Jurnal yang Menjurus Pada Isinya

Para pekerja yang bekerja di bidang pendidikan maupun penelitian pasti tidak asing dengan kegiatan mereview jurnal. Ada berbagai hal yang bisa diungkapkan dalam membahas sebuah jurnal. Salah satu yang paling penting adalah mereview isi jurnal yang menjurus pada bagian isinya. Lalu bagaimanakah contoh review jurnal yang khusus membahas pada bagian isinya? Anda bisa menyimak beberapa contoh berikut ini.

Contoh Review Jurnal


3 Contoh Review Jurnal yang Menjurus Pada Isinya

Salah satu bagian yang paling penting ketika mereview jurnal adalah banyak membahas bagian isinya karena bagian itulah yang akan memberikan informasi pada orang lain. Dalam mereview bagian isi, Anda tidak perlu menuliskan seluruhnya namun cukup bagian yang penting-penting saja. Berikut ini adalah contoh review jurnal yang biasa dibahas untuk menerangkan isinya.

Contoh review jurnal yang pertama untuk membahas isi, biasanya seseorang akan membuat kesimpulan dari seluruh isi jurnal agar lebih praktik untuk dibaca orang lain. Untuk memulai artikel review jurnal tersebut biasanya diawali dengan kalimat “Jadi, kesimpulan dari seluruh bahasan jurnal yang berjudul analisis ekonomi Indonesia tahun 1998 adalah…”

Bahasan yang dibahas selanjutnya biasanya berbunyi seperti ini “jurnal tersebut ditulis atas hasil penelitian yang bersumber pada wawancara, observasi dan hasil studi pustaka dari buku dan koran”. Pernyataan tersebut merupakan contoh review jurnal yang menerangkan sumber-sumber yang mendasari penulisan jurnal.

Hal yang tidak kalah penting dalam mereview jurnal untuk menerangkan isinya adalah menyebutkan metode penelitiannya. Kalimat yang digunakan untuk contoh review jurnal yang membahas metode penelitian biasanya berbunyi “metode penelitian yang digunakan dalam penelitian tersebut adalah kualitatif dengan desain etnografi.” Jangan lupa juga untuk menyebutkan kesimpulannya.

Itulah tadi sedikit mengenai beberapa kalimat sebagai contoh review jurnal untuk membahas isi secara keseluruhan. Dalam mereview isi jurnal, jangan terlalu banyak menerangkan mengenai teori-teori yang digunakan namun cukup merujuk pada hasil dari penelitian yang tertuang dalam jurnal. Semoga beberapa contoh di atas dapat memberikan inspirasi dalam menuliskan berbagai review jurnal.
Bagi ke FB
Bagi ke G+

Related : 3 Contoh Review Jurnal yang Menjurus Pada Isinya

0 komentar:

Posting Komentar

Anda boleh tuliskan ide, saran, kritik di kolom komentar ini.