5 Contoh Ungkapan Sehari-hari

Apa yang sahabat pikirkan pertama kali mengenai belajar bahasa? Ya, banyak orang beranggapan jika belajar bahasa hanya akan membahas mengenai susunan kalimat yang baik dan benar saja. Tentu saja, pembahasannya akan sangat luas termasuk mengenai contoh ungkapan. Ungkapan atau biasa disebut dengan idiom memang menjadi materi wajib yang harus sahabat ketahui sebab ada banyak bentuk ungkapan yang dapat digunakan untuk percakapan sehari-hari. Daripada sahabat makin penasaran mengenai ungkapan yang ada di Bahasa Indonesia, berikut ulasan tentang definisi dan contoh ungkapan sekaligus.
Contoh Ungkapan


5 Contoh Ungkapan Sehari-hari

Mengenai definisinya sendiri, ungkapan merupakan sebuah gabungan kata, bisa dua kata atau pun lebih yang membentuk arti baru. Dalam hal ini, arti kata yang dihasilkan bisa berupa denotasi atau arti sebenarnya dan konotasi atau arti kata kiasan. Untuk lebih jelas, inilah beberapa contoh ungkapan yang biasa digunakan. Ada tulang punggung (penopang hidup), tulang rusuk (pasangan), buah hati( anak), kepala batu (keras kepala), angkat tangan (menyerah) dan lainnya. Untuk kalimatnya, inilah contohnya:
- Budi ditangkap polisi karena ia panjang tangan. (pencuri)
- Setelah tertangkap, kasus Budi sampai ke meja hijau. (pengadilan)
- Setelah kepergian keluarganya, kehidupan pria itu selalu menjadi buah bibir. (bahan pembicaraan)

Itulah beberapa contoh ungkapan dalam Bahasa Indonesia. Apabila sahabat ingin tahu lebih banyak, sahabat bisa mempelajarinya di banyak buku pelajaran Bahasa Indonesia.
Bagi ke FB
Bagi ke G+

Related : 5 Contoh Ungkapan Sehari-hari

0 komentar:

Posting Komentar

Anda boleh tuliskan ide, saran, kritik di kolom komentar ini.