6 Contoh Ungkapan Singkat

Jika kita belajar bahasa, kita tidak hanya akan membahas mengenai bagaimana menyusun kalimat yang baik dan benar saja. Ada pula pembahasan lain seperti belajar contoh ungkapan. Dalam sebuab bahasa termasuk Bahasa Indonesia, ungkapan atau yang biasa disebut dengan idiom menjadi materi dasar yang harus dipahami sahabat.

Dengan memahaminya, sahabat akan mampu membedakan mana idiom dan mana yang bukan. Langsung saja, daripada makin penasaran, berikut ada ulasan mengenai definisi dan juga contoh ungkapan tersebut.
Contoh Ungkapan


6 Contoh Ungkapan Singkat

Ungkapan atau idiom itu sendiri adalah sebuah gabungan dari beberapa kata bisa dua kata atau lebih. Gabungan kata tersebut akan memiliki arti yang jauh berbeda dari arti kata yang digabungkan. Dengan kata lain, idiom ini akan menghasilkan arti kata baru. Mengenai contoh ungkapan dalam bahasa Indonesia ada banyak sekali.

Misalnya saja adalah banting tulang (kerja keras), gulung tikar (bangkrut), besar kepala (sombong), tangan besi (suka memukul), buah tangan (oleh-oleh), meja hijau (pengadilan), naik pitam (marah) dan masih banyak lagi. Soal contoh kalimatnya ada sebagai berikut: Setiap hari Adi membanting tulang untuk menghidupi adik-adiknya. Kata membanting tulang pada kalimat tersebut berarti bekerja keras.

Jadi, itulah contoh ungkapan beserta contoh kalimatnya. Sahabat bisa membuat kalimat-kalimat lain dari beberapa ungkapan yanh telah disebutkan di atas. Dengan memahami materi ungkapan ini, sahabat bisa gunakannya untuk percakapan sehari-hari
Bagi ke FB
Bagi ke G+

Related : 6 Contoh Ungkapan Singkat

0 komentar:

Posting Komentar

Anda boleh tuliskan ide, saran, kritik di kolom komentar ini.