Contoh Besaran Turunan dalam Fisika

Jika berbicara mengenai Fisika, materi dasar yang harus dipahami oleh sahabat ialah mengenai besaran pokok dan contoh besaran turunan. Dengan mengetahui dan memahaminya, sahabat bisa lebih mudah untuk mempelajari materi Fisika lainnya. Besaran pokok itu sendiri adalah besaran yang memiliki satu satuan dan menjadi besaran yang akan membentuk besaran turunan.

Contoh dari besaran pokok ini ialah panjang (m), waktu (s), intensitas cahaya (cd), banyak zat (mol), massa (kg), suhu (K), dan besar arus listrik (A). Kemudian, bagaimana besaran turunan terbentuk dan contoh besaran tersebut? Inilah ulasan singkatnya untuk sahabat.

Contoh Besaran Turunan

Contoh Besaran Turunan dalam Fisika

Mengenai besaran turunan, besaran yang satu ini adalah besaran yang terbentuk dari beberapa besaran pokok. Oleh karena itu, satuannya pun gabungan dari beberapa besaran pokok tersebut. Lalu, untuk contoh besaran turunan ialah sahabat bisa menghitung massa jenis sebuah benda. Untuk mencari tahu satuannya, kita harus tahu dahulu rumusnya. Untuk mencari massa jenis sahabat harus mengetahui massa dan juga volumenya terlebih dahulu.

Jadi, massa jenis = massa (kg) : volume (m3) dari panjang (m) × lebar (m) × tinggi (m), dan satuan massa jenis tersebut menjadi (kg/m3).

Jadi, itulah contoh besaran turunan yang dapat sahabat pelajari. Selain massa jenis, sahabat pun bisa membahas contoh lain seperti luas (m2), kecepatan (kg/s) dan masih banyak lagi.
Bagi ke FB
Bagi ke G+

Related : Contoh Besaran Turunan dalam Fisika

0 komentar:

Posting Komentar

Anda boleh tuliskan ide, saran, kritik di kolom komentar ini.