Contoh Besaran Turunan Luas

Ketika belajar Fisika, tentu saja sahabat mempelajari berbagai macam hal, bukan? Salah satu materinya ialah mengenai contoh besaran turunan. Ada dua macam besaran yang ada yaitu bersaran pokok dan juga besaran turunan. Apakah perbedaan dari kedua besaran tersebut?

Untuk besaran pokok, besaran ini merupakan besaran yang memiliki satu satuan dan besaran inilah yang akan membantu orang untuk dapatkan besaran turunan dari kombinasi besaran pokok tersebut. Lalu, bagaimanakah dengan besaran turunan dan contohnya? Simak ulasannya di bawah ini.

Contoh Besaran Turunan


Contoh Besaran Turunan Luas

Besaran turunan merupakan besaran yang didapat dari gabungan besaran pokok seperti panjang (m), massa (kg), kuat arus listrik (A), waktu (s), suhu (K), banyak zat (mol) dan intensitas cahaya (cd). Dalam besaran turunan ini, sahabat akan temukan luas, volume, kecepatan, percepatan, massa jenis, gaya, usaha, daya dan lainnya. Dalam contoh besaran turunan di atas, kita ambil saja luas untuk dibahas lebih lanjut. Luas didapat dari perkalian antara panjang (m) dan lebar (m) yang keduanya termasuk dalam besaran pokok. Jadi, L (luas) = p (panjang) × l (lebar) sehingga satuannya menjadi m2.

Jadi, itulah contoh besaran turunan yang harus sahabat ketahui. Untuk pembahasan contoh lainnya dari besaran turunan ini, sahabat bisa mengetahuinya dari rumus untuk mencari besaran turunan tersebut yang kemudian satuannya akan mengikuti. Semoga bermanfaat.
Bagi ke FB
Bagi ke G+

Related : Contoh Besaran Turunan Luas

0 komentar:

Posting Komentar

Anda boleh tuliskan ide, saran, kritik di kolom komentar ini.