Contoh Besaran Turunan Volume

Di dalam Fisika, besaran adalah materi mendasar yang harus diketahui sahabat. Hal ini disebabkan oleh besaran nantinya akan ada di semua materi Fisika terutama akan sangat berhubungan dengan semua rumus yang ada. Disini, ada dua jenis besaran yaitu besaran pokok dan besaran turunan.

Jika bicara mengenai besaran pokok, sahabat akan membicaran mengenai besaran yang terdiri dari satu satuan saja. Jadi, besaran pokok inilah yang nantinya akan membentuk besaran turunan. Lantas, apa itu besaran turunan beserta contoh besaran turunan? Ulasan singkatnya ada sebagai berikut.

contoh besaran turunan

Contoh Besaran Turunan Volume

Besaran turunan ialah sebuah besaran yang memiliki lebih dari satu besaran pokok. Artinya yaitu dalam besaran turunan ini akan terdiri dari lebih dari satu satuan besaran pokok. Contoh besaran turunan adalah volume, luas, massa jenis, kecepatan dan masih ada beberapa lainnya. Bagaimana kita mengetahui bahwa contoh tersebut ialah besaran turunan ialah dengan cara berikut ini. Kita ambil contoh volume. Untuk menghitung volume sebuah benda, rumusnya ialah panjang (m) × lebar (m) × tinggi (m). Satuan meter masuk dalam besaran pokok panjang sehingga dari sini, satuan dari volume ialah gabungan dari besaran pokok tersebut menjadi m3.


Jadi, itulah contoh besaran turunan dan juga penjelasan singkat mengenai besaran turunan tersebut. Sekarang sahabat bisa mencari satuan besaran turunan lainnya.
Bagi ke FB
Bagi ke G+

Related : Contoh Besaran Turunan Volume

0 komentar:

Posting Komentar

Anda boleh tuliskan ide, saran, kritik di kolom komentar ini.