3 Contoh Landasan Teori Penelitian

Untuk Anda yang sedang menyusun skripsi atau laporan penelitian tentu sedang gencarnya mencari contoh landasan teori. Landasan teori dari karya ilmiah atau suatu penelitian dikenal dengan sebutan tinjauan pustaka atau studi literature. Mangapa suatu penyusunan karya ilmiah atau penelitian harus menggunakan landasan teori? Hal ini dilakukan karena landasan teori tersebut berfungsi sebagai pendukung penelitian yang dilakukan. Pasalnya teori yang disusun pada suatu penelitian didukung oleh hasil riset yang sudah ada. Dengan kajian teori atau penelitian tersebut akan diperoleh pendapat-pendapat para ahli atau kesimpulan-kesimpulan yang digunakan oleh peneliti untuk merumuskan pendapat atau definisi terbaru terkait objek penelitian.

Contoh Landasan Teori Penelitian untuk Skripsi atau Laporan Praktik Lapangan

Contoh Landasan Teori Penelitian

Melihat penjelasan tentang landasan teori di atas, bisa disimpulkan bahwa agar seseorang dapat membuat landasan teori maka perlu lebih sering membaca hasil penelitian dan karya tulis ilmiah orang lain. Peneliti harus mau belajar dan juga melatih dirinya dalam mengekspresikan semua pendapat, pengertian yang diperoleh dari dari berbagai sumber hingga menjadi karya tulis ilmiah yang bisa dipertanggung jawabkan. Melihat hal tersebut, tak heran jika contoh landasan teori penelitian banyak dicari masyarakat.

Contoh landasan teori umumnya membahas tentang teori-teori dari ilmu yang diteliti. Dalam penyajiannya, landasan teori tidaklah sulit karena Anda bisa menggunakan sumber-sumber yang diperoleh dari literatur-literatur yang teruji dan relevan. Berikut ini adalah contoh-contoh penulisan landasan teori yang bisa Anda jadikan sebagai inspirasi.
  
Tahtia (2013) menyebutkan bahwa dasar evaluasi lahan pada intinya adalah membandingkan persyaratan tumbuh dengan potensi lahan tersebut. Dari contoh landasan teori tersebut bisa diketahui bahwa pencetusnya adalah Tahtia. Sementara tahun yang tertera menunjukkan tahun terbit buku atau waktu Tahtia mengemukakan pendapatnya tersebut.

Buah durian memiliki bentuk yang bulat dan panjang. Buahnya yang telah matang memiliki panjang dengan ukuran sekitar 30-45 cm dan lebar 20-25 cm (Untung, 2008). Contoh landasan teori tersebut membahas penelitian yang berkaitan dengan tanaman durian.

Masih berkaitan dengan contoh landasan teori di atas, contoh selanjutnya adalah “Tanah yang sesuai untuk durian adalah tanah dengan jenis Ondosol dan Grumosol. Tanaman durian menghendaki pH optimum antara 6 hingga 6,5 (Ivanastuti, 2015).

Sekian beberapa contoh landasan teori terkait penelitian. Semoga menambah wawasan Anda.
Bagi ke FB
Bagi ke G+

Related : 3 Contoh Landasan Teori Penelitian

0 komentar:

Posting Komentar

Anda boleh tuliskan ide, saran, kritik di kolom komentar ini.