3 Contoh Landasan Teori Pertanian

Bagi Anda yang berkecimpung di dunia pertanian atau sedang mengerjakan tugas yang berkaitan dengan pertanian tentu perlu mengetahui contoh landasan teori tentang pertanian. Pasalnya, landasan teori merupakan komponen penting dalam penelitian yang berperan dalam proses pelaksanaan. Tanpa landasan teori, sama halnya dengan Anda menulis tapi tidak tahu apa yang akan ditulis. Sebab landasan teori inilah yang akan menjadi konseptual Anda dalam melakukan suatu hal agar sesuai dengan tujuan utama.

Contoh Landasan Teori Tentang Pertanian

Contoh Landasan Teori Pertanian

Lantas apa yang dimaksud dengan teori? Teori adalah serangkaian konsep, asumsi, definisi,  proposisi dan konstrak yang disusun untuk menerangkan fenomena atau suatu kejadian secara sistematis. Caranya adalah dengan merumuskan hubungan antar setiap variabel. contoh landasan teori disusun berdasarkan kerangka teori dengan menggunakan logika reflektif. Landasan teori umumnya berkaitan dengan latar belakang masalah yang akan diangkat.

Salah satu fenomena yang bisa dijadikan contoh adalah tanah. Tanah, memiliki makna yang beragam tergantung dari sudut pandang orang yang melihatnya. Bagi seorang petani, tanah adalah tempat menanam tanaman. Sementara untuk seorang developer, tanah adalah tempat berdirinya bangunan. Lalu mana yang benar? Semua pernyataan tersebut benar. Maka dari itu, dibutuhkan landasan teori agar orang yang membaca karya tulis Anda mengerti dari sudut pandang mana penulis mengangkat fenomena atau masalah. Namun, kali ini akan diulas terkait contoh landasan teori terkait pertanian.

Contoh landasan teori terkait pengertian pertanian yang pertama adalah A.T Mosher (1968;19) mengungkapkan bahwa  pertanian merupakan sejenis proses produksi yang didasarkan pada proses pertumbuhan tanaman serta hewan.

Contoh landasan teori yang kedua tentang pengertian pertanian dikemukakan oleh (Mubyarto, 1989;16-17) yang menyatakan bahwa pertanian dibadi menjadi 2 pengertian dalam arti luas dan sempit. Dalam arti luas pengertian mencakup perkebunan, pertanian, kehutanan, peternakan, dan perikanan. Sedangkan dalam arti sempit adalah pertanian rakyat.

Contoh landasan teori ketiga dikemukakan oleh Van Aarsten (1953), bahwa pertanian adalah kegiatan manusia dalam memperoleh hasil dari tumbuh-tumbuhan dan juga hewan.

Demikian beberapa contoh landasan teori terkait pengertian pertanian. Semoga bisa menambah referensi Anda.
Bagi ke FB
Bagi ke G+

Related : 3 Contoh Landasan Teori Pertanian

0 komentar:

Posting Komentar

Anda boleh tuliskan ide, saran, kritik di kolom komentar ini.