3 Contoh Landasan Teori Secara Umum

Mungkin banyak dari Anda yang belum mengerti apa yang dimaksud dengan landasan teori dan apa saja sebenarnya contoh landasan teori itu sendiri? Secara umum, landasan teori merupakan suatu kerangka berfikir yang nantinya akan dikaitkan dengan metodologi yang dilakukan dalam suatu penelitian atau pemecahan masalah. Pada dasarnya, metodologi sebenarnya sederhana. Hanya saja masih banyak yang bingung membedakan antara landasan teori dengan metodologi.

Contoh Landasan Teori Penelitian Secara Umum

Membuat sebuah landasan teori sebenarnya sangat mudah. Hanya saja agar menghasilkan contoh landasan teori yang tepat, Anda harus lebih banyak belajar dan membaca karya tulis orang lain. Sebab pada dasarnya, landasan teori akan menampilkan kerangka dan sistematika berfikiri seseorang untuk memulai suatu penelitian. Dimana penelitian tersebut menggunakan konsep yang telah berkembang sebelumnya. Landasan teori bisa juga berisi definisi atau pemikiran seseorang yang sebelumnya telah melakukan penelitian. Karena pada dasarnya, secara sistematika landasan teori penelitian terdiri dari studi kepustakaan, kerangka pikir, hipotesis penelitian dan penelitian yang relevan dengan rumpun ilmunya.

Sebelum mengetahui ada beberapa hal penting yang perlu Anda perhatikan. Beberapa diantaranya adalah menentukan tema penelitian, menentukan ilmu bantu atau metodologi yang dibutuhkan dalam mendukung penelitian dan menjadi pendekatan penelitian, konsep serta permasalahan penelitian. Berikut ini adalah beberapa contoh landasan teori penelitian yang berisi tentang pendapat para ahli secara umum.

Contoh landasan teori yang pertama adalah “Dalam suatu landasan teori beberapa hal yang sangat penting untuk dipahami adalah nama pencetus teori, kemudian tahun dan juga tempat pertama kali pencetus tersebut mengemukakan pendapat, uraian ilmiah teori, dan relevansi teori. Hal ini dilakukan agar tujuan dari penelitian tersebut tercapai” (Hadi Sabari Yunus, 2010 : 226).

Contoh landasan teori yang kedua adalah “Metode CBSA yang digunakan dalam pengajaran bahasa yang didasarkan atas pendekatan komunikatif tak seharusnya sama dengan metode CBSA yang digunakan dalam bidang studi lain.” (Tolla, 1996:89).

Contoh landasan teori yang ketiga adalah “Potensi sumberdaya lahan cukup beragam karena satu tempat dengan tempat lainnya memiliki perbedaan jenis tanah, iklim, dan topografi/relief (Mubekti et al., 2006).

Berikut tadi merupakan 3 contoh landasan teori. Semoga menambah wawasan Anda.
Bagi ke FB
Bagi ke G+

Related : 3 Contoh Landasan Teori Secara Umum

0 komentar:

Posting Komentar

Anda boleh tuliskan ide, saran, kritik di kolom komentar ini.