3 Contoh Landasan Teori Tentang Sel

Bagi Anda civitas akademik tentunya seringkali bertemu dengan karya tulis ilmiah, tesis, laporan dan lain sebagainya. Tak heran jika banyak yang mencari tahu contoh landasan teori. Perlu diketahui bahwa landasan teori merupakan kegiatan menyusun kerangka pemikiran secara sistematis. Sel  erat kaitannya dengan bidang ilmi Biologi, sehingga wajar jika landasan teori tentang sel banyak dicari oleh mereka yang berkecimpung di dunia biologi baik tentang sel hewan, sel tumbuhan maupun sel manusia.

Contoh Landasan Teori Sel yang Perlu Anda Ketahui

Contoh Landasan Teori Tentang Sel

Sebelum Anda menentukan contoh landasan teori apa yang akan dipakai, tentukan terlebih dahulutopik penelitian yang akan digunakan. Jika topik penelitian sudah diperoleh maka langkah yang perlu dilakukan selanjutnya adalah mengkaji kajian teori yang yang berhubungan dengan topik penelitian. Anda bisa mencari teori berdasarkan dengan kepustakaan misalnya skripsi penelitian, jurnal, tesis, majalan dan lain-lain. Jangan sampai Anda salah mengambil literatur, apalagi jika teori yang digunakan tidak relevan dengan kajian penelitian.

Selain itu, landasan teori yang dikutip harus disertai dengan sumbernya. Hal ini dilakukan agar Anda terhindar dari masalah plagiarism yaitu mengutip dan menggunakan karya orang lain dengan tidak menyebutkan  sumbernya. Untuk memudahkan Anda, berikut ini adalah contoh landasan teori yang berkaitan tentang sel.

Contoh landasan teori terkait sel yang pertama dikemukakan oleh M.J Schleiden serta Schwann yang mengatakan bahwa proses pembentukan sel serupa dengan pembentukan Kristal.

Landasan teori tentang sel juga diutarakan oleh  R.J.H Dutrochet (1824) yang memperlihatkan bahwa ternyata tumbuhan dan hewan terdiri dari sel-sel.

Contoh landasan teori tentang sel selanjutnya adalah teori yang dikemukakan oleh Robert Hooke (1665), dari hasil pengamatannya diperoleh pengetahuan bahwa di dalam tumbuhan terdapat rongga-rongga yang dilindungi oleh dinding tebal dan strukturnya menyerupai sarang lebah. Bagian terkecil dari rongga inilah yang dikenal dengan nama sel.

Contoh landasan teori terkait sel yang ketiga adalah pernyataan dari Robert Brown (1831) yang mengatakan bahwa sel memiliki inti yang disebut dengan nama nukleus.

Sekian ulasan mengenai contoh landasan teori. Semoga menambah wawasan Anda terkait dengan penulisan landasan teori dan sel.
Bagi ke FB
Bagi ke G+

Related : 3 Contoh Landasan Teori Tentang Sel

0 komentar:

Posting Komentar

Anda boleh tuliskan ide, saran, kritik di kolom komentar ini.