5 Contoh Homonim Dan Cara Mengenalinya

Setiap bahasa memiliki aturan tersendiri yang berhubungan dengan penulisan dan pelafalan kata-kata. Bahasa indoensia mengenal adanya homonim yaitu kata yang memiliki kesamaan lafal dan penulisan tetapi berbeda makna. Ada banyak contoh homonim, tetapi hanya sebagian yang dijelaskan pada artikel ini.
Contoh Homonim

5 Contoh Homonim Dan Cara Mengenalinya

Homonim sering diucapkan dalam kehidupan sehari-hari. Contoh homonim menunjukkan beberapa kata yang berasal dari budya luar dna telah dinaturalisasikan dengan konsep bahasa Indonesia. Ada kata yang sering diucapkan secara informal, tetapi bukan merupakan bentuk baku dalam penulian resmi.

Contoh homonim pertama yang mudah dijumpai adalah kata bisa. Kata ini memiliki dua makna berbeda dan bukan akibat dari perluasan atau penyempitan makna. Bisa adalah racun yang dimiliki ular, reptil, katak, dan serangga. Makna lain dari kata bisa adalah mampu atau dapat. Anda sering menggunakan kata bisa untuk menunjukkan kemampuan dalam melakukan sesuatu.

Contoh homonim kedua adalah kata kali yang memiliki arti sungai dalam bahasa daerah dan sering diucapkan secara informal ketika percakapan sehari-hari. Makna kedua adalah perulangan. Sebagai contoh, ani telah berulang kali terlambat masuk sekolah. Kalimat ini baku. Contoh berikutnya, budi mandi di kali setiap sore.

Contoh homonim ketiga adalah kata roman. Anda mungkin jarang mengucapkannya tetapi kata ini merupakan homonim. Roman dapat berarti hal-hal yang berkaitan dengan cinta. Roman adalah salah satu genre yang berisi kisah cinta tokoh-tokoh utama. Roman juga bermakna raut jika diikuti dengan kata muka. Roman muka berati raut wajah seseorang untuk mengekspresikan suatu hal.

Contoh keempat adalah jarak. Minyak jarak digunakan untuk pelumas, oli, dan bahan industri. Jarak juga berarti jeda antara satu titik dengan lainnya. Jarak dalam bahasa inggris adalah distance.

Atap rumah terbuat dari genting tanah liat. Suasana genting terjadi akibat penyerangan. Kedua kalimat tersebut mengandung contoh homonim kelima yaitu genting yang sering terjadi kesalahan dalam penulisan. Genting sebagai atap rumah sering ditulis dengan genteng.

Homonim mudah dijumpai dan sering diucapkan. Dengan mengetahui contoh homonim yang telah disebutkan, Anda dapat memperkaya kosakata dalam bahasa Indonesia.
Bagi ke FB
Bagi ke G+

Related : 5 Contoh Homonim Dan Cara Mengenalinya

0 komentar:

Posting Komentar

Anda boleh tuliskan ide, saran, kritik di kolom komentar ini.