5 Contoh Homonim yang Umum Ditemui

Dalam  kamus besar bahasa indonesia, homonim adalah kata yang memiliki kesamaan lafal dan penulisan, tetapi berbeda maknanya. Kata-kata tersebut dapat mengalami perubahan atau perluasan makna. Untuk mengetahui contoh homonim, Anda dapat menelusuri kata-kata yang sering digunakan dalam percakapan sehari-hari.

Contoh Homonim

Contoh Homonim di Kehidupan Sehari-Hari

Sebenarnya, ada banyak kata yang sering digunakan dan merupakan contoh homonim. Kata-kata tersebut terucap secara langsung untuk merepresentasikan suatu makna. Homonim berkembang sesuai zaman sehingga makna baru memiliki sifat yang sangat berbeda dengan aslinya.

Contoh homonim pertama adalah buku dan ini umum ditemukan di sekitar Anda. Saya memiliki buku cerita terbaru. Bambu terdiri dari buku-buku dengan panjang berbeda. Kalimat pertama menggunakan kata buku sebagai benda nyata. Buku adalah kumpulan kertas yang disatukan dan berisi tulisan tertentu. Contoh kedua menunjukkan ruas pada bambu. Buku dianggap sebagai ruas yang memisahkan bagian satu dengan lainnya.

Contoh homonim yang mudah ditemui kedua adalah bisa. Anda mengenal kata bisa yang sering dipakai untuk mengganti kata dapat. Penggunaan kata bisa dalam kalimat atau tulisan formal tidak dibenarkan. Namun, masyarakat telah umum menggunakan kata bisa dalam kehidupan sehari-hari. Makna bisa yang lain adalah racun pada ular. Bisa juga identik dengan racun yang dimiliki kadal, katak, atau serangga.

Contoh homonim ketiga adalah palu dan tidak hanya antara kata umum tetapi juga kata benda khusus. Palu adalah alat yang digunakan untuk pekerjaan bangunan. Palu juga berarti ibu kota dari Sulawesi tenggara. Keduanya memiliki kesamaan pelafalan dan penulisan. Tentu saja, makna keduanya sangat berbeda. Palu sebagai ibu kota harus didahului dengan huruf kapital karena menunjukkan sebuah tempat.

Contoh homonim keempat adalah rapat. Suatu organisasi melakukan rapat untuk membahas masalah penting. Rapat memiliki arti pertemuan. Sedangkan rapat juga berarti jarak yang sangat dekat.

Ocntoh kelima adalah kata gelar yang juga berhomonim dengan kata menggelar. Untuk kata terakhir jarang digunakan pada bentuk resmi tapi umum diucapkan. Keduanya memiliki penulisan dan pelafalan yang sama.

Contoh-contoh diatas merupakan sebagian kecil dari puluhan contoh homonim dalam bahasa Indonesia. Anda dapat dengan mudah mengenalinya melalui percakapan sehari-hari. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.
Bagi ke FB
Bagi ke G+

Related : 5 Contoh Homonim yang Umum Ditemui

0 komentar:

Posting Komentar

Anda boleh tuliskan ide, saran, kritik di kolom komentar ini.