3 Contoh Entity Relationship Diagram (ERD) Perpustakaan yang Baik

Jika Anda merupakan mahasiswa sistem informatika, maka sudah tidak asing dengan istilah ERD atau Entity Relationship Diagram. Meskipun Anda sudah cukup mahir dalam membuat skema diagramnya atau teknik-teknik pengisian kolomnya, Anda tidak boleh melupakan pemilihan isian dari masing-masing data tersebut. Isian tersebut bisa Anda tentukan dengan cara memahami kebutuhan dari sebuah lembaga. Misalnya saja untuk membuat ERD perpustakaan, sebelum membuat korelasi datanya, ada baiknya Anda memahami tujuan dari pembuatan ERD ini. Apakah untuk sistem layanannya, sistem administarsi, hingga sistem perawatan bahan pustaka yang ada di perpustakaan. Di bawah ini ada beberapa contoh ERD yang bisa Anda jadikan referensi untuk membuat ERD perpustakaan.
contoh erd

Isian Contoh ERD Perpustakaan yang Baik Dan Benar

Sudah dijelaskan di atas, bahwa dalam membuat sebuah ERD satu hal yang perlu Anda ketahui adalah mengenai tujuan pembuatan ERD tersebut. Di bawah ini akan dijelaskan mengenai beberapa bentuk contoh ERD yang sering digunakan untuk membuat sistem diagram di perpustakaan.

Contoh ERD perpustakaan yang pertama adalah mengenai isian untuk atribut mahasiswa. Biasanya akan ditulis beberapa profil yang menunjukkan data mahasiswa, seperti “nama mahasiswa, nomor induk mahasiswa, tempat dan tanggal lahir, serta alamat mahasiswa”.

Berbeda dengan entitas mahasiswa, selanjutnya contoh ERD perpustakaan yang menunjukkan entitas buku harus bisa menjelaskan bentuk fisik buku tersebut. Misalnya saja dengan menuliskan “judul buku, tahun terbit, pengarang, jumlah halaman, dan status peminjaman buku”.

Selanjutnya entitas pada contoh ERD perpustakaan yang juga sering ditulis adalah data mengenai petugas perpustakaan. Adapun atribut yang biasanya tercantum di sana adalah “nama pegawai, nomor induk pegawai, tempat tanggal lahir, pendidikan terakhir dan alamat pegawai”. Dengan penulisan data-data tersebut diharapkan perpustakaan semakin mudah untuk melakukan identifikasi kompetensi pegawai perpustakaan.

Beberapa contoh ERD perpustakaan di atas dapat menjadi sumber referensi bagi Anda yang sedang membuat sebuah ERD untuk perpustakaan khususnya, dan pekerjaan lain umumnya. Semoga tugas-tugas Anda cepat selesai setelah membaca inspirasi ERD perpustakaan di atas.
Bagi ke FB
Bagi ke G+
Tags :

Related : 3 Contoh Entity Relationship Diagram (ERD) Perpustakaan yang Baik

0 komentar:

Posting Komentar

Anda boleh tuliskan ide, saran, kritik di kolom komentar ini.