3 Contoh Frasa dan Pengertiannya

Ketika membuat sebuah karangan atau tulisan, masing-masing bagian memiliki namanya sendiri. Misalnya saja gabungan dari beberapa kalimat disebut dengan paragraf. Kemudian untuk beberapa kata yang digabung menjadi satu sering kali disebut frasa. Kali ini, akan dijelaskan mengenai contoh frasa lengkap dengan pengertiannya yang diharapkan bisa memberikan inspirasi bagi Anda yang sedang menulis atau sedang mencari informasi mengenai jenis-jenis frasa ini.
Contoh Frasa

Contoh Frasa Dari Berbagai Jenis dan Pengertiannya

Secara umum, frasa dibagi menjadi beberapa jenis seperti frasa endosentrik, frasa eksosentrik dan terakhir ada juga jenis frasa ambigu. Untuk pengertian dan contoh frasa dari masing-masing jenis dapat Anda simak dalam ulasan berikut ini.

Pertama mengenai frasa endosentrik. Pada dasarnya, frasa ini tersusun atas anggota kata yang memiliki nilai sejajar. Dengan kata lain, masing-masing kata memiliki inti sendiri dan tidak mengandung kata penunjuk. Frasa eksosentrik ini nantinya bisa dibagi lagi menjadi 3 jenis yakni koordinatif, atributif, dan apositif. Selanjutnya untuk contoh frasa eksosentrik misalnya adalah ‘perempuan laki-laki dan atas bawah”.

Jenis frasa yang kedua adalah frasa eksosentrik. Frasa ini tersusun atas kata-kata yang juga dilengkapi dengan kata penunjuk atau keterangan. Frasa eksosentrik juga bisa dibagi menjadi 2 yakni proporsional dan nondirective. Sedangkan untuk contoh frasa eksosentrik ini misalnya “di rumah, para hadirin, dan kaum muda”.

Terakhir ada pula yang menambahkan jenis frasa dengan frasa ambigu. Hal ini dilatar belakangi oleh banyaknya ungkapan yang terkadang memberikan makna gAnda bagi pembacanya sehingga bisa memburamkan maksud dari suatu kalimat. Contoh frasa ambigu ini misalnya “rumah tetangga baru”. Ini bisa memiliki 2 makna, pertama yang baru adalah rumah dari tetangga kita baru saja beli. Makna kedua adalah ada sebuah rumah yang dihuni oleh tetangga baru. Hal-hal semacam ini tentu akan berbahaya karena bisa menyebabkan kebingungan bagi yang membacanya.

Setelah mengetahui contoh frasa berikut penjelasannya seperti yang telah diuraikan di atas, diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan bagi para pembaca. Informasi-informasi di atas juga bertujuan untuk menambah keyakinan bagi Anda yang ingin mulai membuat sebuah karangan untuk bisa merangkai kata dengan lebih baik lagi.
Bagi ke FB
Bagi ke G+
Tags :

Related : 3 Contoh Frasa dan Pengertiannya

0 komentar:

Posting Komentar

Anda boleh tuliskan ide, saran, kritik di kolom komentar ini.