5 Contoh Asuhan Keperawatan (Askep) Identifikasi Akibat Diare

Sering kali orang menganggap penyakit diare sebagai penyakit biasa yang disebabkan oleh makanan pedas atau terlalu asam. Namun, penyakit diare tidaklah sesederhana itu, penyebabnya bisa beragam begitu pula dengan akibatnya. Bahkan pada beberapa kasus, akibat dari diare yang berkepanjangan adalah kematian dikarenakan kurangnya asupan makanan dalam tubuh. Sebagai seorang perawat yang baik, ada baiknya Anda membuat asuhan keperawatan yang menguraikan mengenai akibat penyakit diare. Berikut adalah contoh askep akibat diare yang bisa Anda simak.
Contoh Asuhan Keperawatan (Askep)

Akibat Diare yang Wajib Tercantum Pada Contoh Askep

Diare baik pada anak kecil maupun orang dewasa tentu akan berakibat serius jika tidak ditangani dengan benar. Sebagai seorang perawat yang baik ada baiknya memperhatikan kembali contoh askep yang menjelaskan mengenai akibat diare.

Akibat diare biasanya akan mudah ditemukan pada contoh askep di bagian patofisiologi. Akibat pertama yang paling berbahaya Anda bisa menuliskan dengan “terjadinya dehidrasi yang jika dibiarkan akan menyebabkan kematian”.

Contoh askep kedua mengenai akibat diare adalah gangguan akan keseimbangan asam-basa. Anda bisa menjelaskannya dimulai dengan penyebabnya, proses terhambatnya penghancuran racun-racun oleh lemak hingga gangguan kinerja ginjal.

Ketiga mengenai contoh askep akibat diare yakni menjelaskan hipoglikemia yang sering terjadi pada bayi maupun anak-anak. Sebutkan juga bahwa hipoglikemia ini terjadi dengan ditandai menurunnya kandungan glukosa pada darah hingga mencapai 40% pada bayi sedangkan pada anak menurun sampai 50%.

Contoh askep selanjutnya mengenai identifikasi dari akibat diare tuliskan mengenai bahayanya kekurangan gizi. Tuliskan dengan cara “penurunan berat badan yang drastis baik pada anak maupun orang dewasa akibat tidak ada asupan gizi yang bisa terserap dengan baik oleh tubuh”. Terakhir adalah mengenai gangguan sirkulasi, cukup jelaskan mengenai terhambatnya proses kerja jaringan tubuh manusia hingga ke otak yang bisa menyebabkan rasa lemas dan berujung pada kematian.

Beberapa contoh askep mengenai identifikasi akibat penyakit di atas diharapkan bisa menjadi pedoman bagi Anda yang ingin mulai mengambil kasus pasien diare. Ada baiknya Anda mengidentifikasi terlebih dahulu riwayat penyakit, konsumsi makanan, dan usia pasien karena terkadang akibatnya pun akan berbeda-beda.
Bagi ke FB
Bagi ke G+

Related : 5 Contoh Asuhan Keperawatan (Askep) Identifikasi Akibat Diare

0 komentar:

Posting Komentar

Anda boleh tuliskan ide, saran, kritik di kolom komentar ini.