Contoh Generalisasi Bidang Dalam Studi Geografi

Seseorang yang sudah bisa paham dengan konsep geografis tentunya juga dapat mengembangkan dan menciptakan berbagai contoh generalisasi. Pemahaman tentang geografi merupakan suatu hal yang bersifat konkret lalu secara bertahap akan menuju ke sebuah hal yang abstrak. Seperti misal dalam mempelajari cuaca tentunya Anda harus paham dengan unsur-unsur cuaca dan bagaimana proses cuaca terjadi. Jika seseorang sudah paham tentang hal tersebut maka tidak perlu diuraikan lagi secara konotatif maupun denotatif.
Contoh Generalisasi


3 Contoh Generalisasi Konsep Geografi

Generalisasi geografi merupakan suatu hubungan atau gabungan terkait 2 konsep geografi atau lebih. Jadi berdasarkan pernyataan generalisasi tersebut maka generalisasi dinyatakan sebagai konsep geografi. Contoh generalisasi geografi terbagi menjadi beberapa konsep. Contoh konsep tersebut akan dijelaskan dibawah ini.

Pertama, contoh generalisasi geografi konsep jarak. Jarak bisa dikaitkan dengan keuntungan yang bisa diraih oleh manusia. Sehingga mereka lebih memperhitungkan jarak. Seperti contohnya adalah harga tanah yang dijual dekat pusat kota akan bernilai tinggi sedangkan harga tanah yang dijual di perdesaan tentu memiliki nilai jual yang murah.

Kedua contoh generalisasi geografi konsep pola. Pola merupakan sebuah bentuk interaksi yang terjadi antara manusia dengan alam dan begitu juga sebaliknya. Seperti misal, pola aliran sungai yang terdiri dari air, jenis batuan, hewan dan struktur geologi lainnya.

Ketiga, contoh generalisasi geografi konsep keterjangkauan. Konsep ini merupakan interaksi untuk bisa mencapai ke suatu tempat, bisa menggunakan jenis transportasi apapun dan juga bisa jalan kaki. Seperti misal Jakarta ke Kalimantan hanya bisa ditempuh dengan 2 transportasi yaitu pesawat dan kapal laut, sedangkan Jakarta ke Bandung bisa ditempuh dengan menggunakan kereta api.

Sebenarnya masih ada banyak konsep geografi, namun setidaknya 3 tersebut sudah bisa memberikan pemahaman untuk Anda. Contoh generalisasi konsep geografi tersebut memang sengaja dibuat untuk bisa menyatukan semua pemikiran terkait geografi.

Demikian 3 contoh generalisasi konsep geografi. Semoga konsep tersebut bisa menjadi tambahan pembelajaran yang mungkin belum Anda dapatkan di bangku sekolah.
Bagi ke FB
Bagi ke G+

Related : Contoh Generalisasi Bidang Dalam Studi Geografi

0 komentar:

Posting Komentar

Anda boleh tuliskan ide, saran, kritik di kolom komentar ini.