3 Contoh Hewan Omnivora Berukuran Kecil

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang contoh hewan omnivora yang memiliki ukuran kecil. Sebagian dari kalian pasti dapat dengan mudah menyebutkan hewan omnivora yang berukuran besar. Akan tetapi, kalian akan merasa kesulitan untuk menyebutkan beberapa hewan omnivora yang memiliki ukuran kecil. Karena sering luput dari penglihatan manusia, kita terkadang menganggap remeh keberadaan omnivora kecil tersebut.
Contoh Hewan Omnivora

3 Contoh Hewan Omnivora Berukuran Kecil

Tidak mengherankan apabila contoh hewan omnivora berikut sering kita abaikan meskipun jumlahnya banyak. Ukuran hewan tersebutlah sebenarnya yang membuat kita sering tidak mempedulikannya.

Tawon merupakan hewan pertama dalam daftar contoh hewan omnivora berukuran kecil kita. Jangan salah menafsirkan antara tawon dengan lebah yang menghasilkan madu. Meskipun tawon mampu menghisap nektar dari bunga layaknya lebah, akan tetapi hewan ini juga memangsa hewan lain. Santapan utama tawon adalah serangga yang lebih kecil seperti lalat atau laba-laba kecil. Dengan kemampuan terbang yang luar biasa, tawon dapat mengejar kelincahan manuver terbang lalat dengan mudah.

Daftar contoh hewan omnivora kita dilanjutkan dengan lalat. Seperti penjelasan sebelumnya, lalat merupakan santapan tawon. Lalat terbang dan hinggap di makanan apa saja. Lalat tidak keberatan menghisap serbuk sari dari bunga. Meskipun demikian, lalat lebih sering ditemukan hinggap di bangkai hewan lain. Selain untuk disantap, bangkai hewan tersebut juga merupakan inkubator yang cocok untuk telur dan larva lalat.

Contoh hewan omnivora berukuran kecil dalam daftar kita berakhir dengan hewan semut. Semut tidak hanya mengonsumsi gula yang merupakan ekstrak dari tumbuhan. Semut juga sering menggerogoti daun. Selain terkenal sebagai penyuka makanan manis, semut juga terkenal karena kemampuannya dapat mengangkat beban yang lebih besar dari tubuhnya. Tidak jarang beban tersebut adalah bangkai binatang yang sudah mati untuk kemudian dijadikan makanan dalam koloni semut.

Dalam daftar contoh hewan omnivora yang memiliki ukuran kecil di atas, kalian mungkin menyadari bahwa hewan tersebut berasal dari golongan serangga. Meskipun sering dianggap sebagai pengganggu, serangga memiliki peranan penting dalam proses penguraian yang alami.

Itulah tadi beberapa jenis hewan kecil yang memakan sari tanaman dan hewan lain yang berukuran lebih kecil. Semoga penjelasan tentang contoh hewan omnivora di atas dapat memperkaya pengetahuan kita.
Bagi ke FB
Bagi ke G+

Related : 3 Contoh Hewan Omnivora Berukuran Kecil

0 komentar:

Posting Komentar

Anda boleh tuliskan ide, saran, kritik di kolom komentar ini.