3 Contoh Hewan Omnivora dari Ordo Primata

Omnivora merupakan salah satu penggolongan hewan berdasarkan makanannya. Sedangkan primata merupakan salah satu klasifikasi hewan bertulang belakang. Primata sendiri diambil dari bahasa latin yang berarti pertama, mulia, atau terbaik. Terdapat beberapa contoh hewan omnivora yang termasuk dalam ordo primata. Pada penjelasan kali ini, kita hanya akan membahas tiga diantaranya.
Contoh Hewan Omnivora

3 Contoh Hewan Omnivora dari Ordo Primata

Primata merupakan ordo dari mamalia yang memiliki tulang belakang. Beberapa hewan bertulang belakang tersebut selain mengonsumsi makanan yang berasal dari tanaman, juga dapat memangsa hewan lain untuk bertahan hidup. Berikut ini adalah beberapa contoh hewan omnivora yang berasal dari kelas mamalia.

Sebagian dari kita mungkin sudah tidak asing lagi dengan monyet. Hewan yang memiliki nama ilmiah Macaca fascicularis ini adalah salah satu contoh hewan omnivora. Habitat alami monyet adalah hutan tropis. Ketika memanjat pohon, monyet lebih memilih untuk memakan buah-buahan yang tumbu di pohon tersebut. Namun ketika sedang tidak musim buah, monyet berburu hewan lain yang berukuran lebih kecil seperti serangga untuk disantap.

Contoh hewan omnivora selanjutnya adalah bekantan. Hewan yang memiliki hidung besar ini dapat ditemukan di pedalaman hutan Kalimantan. Selain bentuk hidungnya yang unik, bekantan juga terkenal karena keahliannya berayun di antara dahan pohon untuk memetik buah-buahan. Ketika buah yang ada mulai berkurang, bekantan menyantap daun yang masih muda. Sebagai selingan, bekantan juga gemar menangkap serangga seperti belalang untuk disantap.

Gorilla merupakan contoh hewan omnivora terakhir dalam daftar kita. Hewan yang tergolong sebagai primata ini memiliki sistem pencernaan yang kompleks seperti halnya manusia. Oleh karena itu, gorilla tidak hanya memerlukan makanan seperti buah, namun juga daging. Berbeda dengan primata sebelumnya, gorilla lebih menyukai ikan daripada serangga. Serangga hanya dikonsumsi apabila koloni gorilla berada jauh dari sungai atau sumber air lainnya.

Primata merupakan ordo yang berasal dari kelas mamalia. Mamalia sendiri merupakan hewan bertulang belakang yang memiliki kelenjar susu. Contoh hewan omnivora di atas adalah hewan primata yang tinggal di pedalaman hutan tropis.

Contoh hewan omnivora tersebut juga memberikan informasi terkait dengan ordo primata. Semoga artikel ini dapat memperluas wawasan kita.
Bagi ke FB
Bagi ke G+

Related : 3 Contoh Hewan Omnivora dari Ordo Primata

0 komentar:

Posting Komentar

Anda boleh tuliskan ide, saran, kritik di kolom komentar ini.