3 Contoh Hewan Omnivora dengan Kelenjar Susu

Hewan yang memiliki kelenjar susu juga dikenal dengan istilah mamalia. Banyak dari hewan mamalia ternyata tidak hanya mengonsumsi tumbuhan, melainkan juga hewan lain. Pada penjelasan ini, kita akan membahas tiga contoh hewan omnivora yang berasal dari keluarga mamalia.
Contoh Hewan Omnivora

3 Contoh Hewan Omnivora dengan Kelenjar Susu

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, mamalia memiliki kelenjar susu yang digunakan untuk memberi makan bayu dari mamalia tersebut. Untuk mencukupi kebutuhan nutrisi, tidak jarang hewan mamalia mengonsumsi makanan yang berasal dari tanaman dan hewan lain. Berikut ini adalah hewan mamalia yang termasuk dalam daftar contoh hewan omnivora.

Tikus merupakan contoh hewan omnivora yang dapat kita temukan dengan mudah di berbagai tempat, termasuk gudang rumah kita. Tikus itu sendiri termasuk dalam golongan hewan mamalia. Induk tikus menyusui induknya dengan kelenjar susu yang dimilikinya. Ketika sedang tidak sibuk melahirkan keturunan, tikus menjelajahi dapur dan mencari makanan di sana. Selain menggerogoti sayuran hijau di dapur, tikus juga tidak enggan memakan bangkai binatang lain yang sudah mati.

Selain tikus, tupai juga merupakan contoh hewan omnivora. Sebagian dari kita mungkin beranggapan bahwa mamalia berbulu ini hanya mengonsumsi buah, biji-bijian, dan kacang-kacangan. Akan tetapi, untuk mencukupi kebutuhan nutrisinya, tupai juga mengonsumsi telur burung. Terkadang ulat daun juga menjadi santapan hewan yang memiliki ekor lebat ini.

Mamalia selanjutnya yang termasuk dalam contoh hewan omnivora adalah babi. Hewan yang satu ini terkenal sebagai hewan pemakan segalanya, termasuk kotorannya sendiri. Terlepas dari kebiasaannya berkubang di tanah yang becek, babi dapat mengonsumsi daun, buah, dan umbi dari tanaman tertentu. Tidak hanya itu, babi juga memiliki taring yang memungkinkannya untuk mengunyah daging atau telur unggas.

Susu merupakan protein hewani. Akan tetapi, beberapa contoh hewan omnivora tidak hanya membutuhkan protein hewani untuk membuat susu. Sebagian dari hewan mamalia mengonsumsi makanan yang berasal dari tanaman dan hewan sekaligus.

Itulah tadi penjelasan tentang tiga contoh hewan omnivora. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi lebih lanjut terutama berkaitan dengan hewan mamalia dan omnivora.
Bagi ke FB
Bagi ke G+

Related : 3 Contoh Hewan Omnivora dengan Kelenjar Susu

0 komentar:

Posting Komentar

Anda boleh tuliskan ide, saran, kritik di kolom komentar ini.