3 Contoh Jurnal Penyesuaian Biaya Dibayar dan Pendapatan Diterima di Muka

Ada beragam contoh jurnal penyesuaian yang mungkin bisa Anda terapkan pada perusahaan Anda bekerja. Entah itu perusahaan yang bergerak di bidang jasa, perdagangan maupun manufaktur. Setiap perusahaan akan membutuhkan jurnal penyesuaian yang dilakukan pada akhir periode guna menyesuaikan akun yang sebenarnya dan melihat transaksi apa yang telah terjadi selama periode tersebut.
Contoh Jurnal Penyesuaian

3 Contoh Jurnal Penyesuaian Biaya Dibayar dan Pendapatan Diterima di Muka

Pada contoh jurnal penyesuaian terkait biaya dan pendapatan bayar di muka nantinya masing-masing akan memiliki 2 pilihan metode yaitu metode laba rugi dan neraca. Metode laba rugi merupakan metode yang dilakukan untuk menghitung beban atau biaya sedangkan metode neraca lebih menghitung harta. Berikut dibawah ini akan diberikan contoh jurnal penyesuaian pada biaya dibayar dimuka dan pendapatan diterima dimuka.

Contoh jurnal penyesuaian pada biaya bayar dimuka dengan menggunakan metode neraca adalah semisal toko fotokopi sentosa memiliki asuransi. Asuransi tersebut telah berkurang Rp 5.000.000 karena jasa asuransi tersebut telah digunakan oleh toko fotokopi sentosa selama 5 bulan terhitung dari bulan Agustus hingga Desember. Maka dalam jurnal penyesuaian, asuransi tersebut diletakkan pada debit.

Contoh jurnal penyesuaian pada biaya bayar dimuka dengan menggunakan metode laba dan rugi adalah jika beban asuransi toko fotokopi sentosa dari bulan Agustus hingga Desember sebesar Rp 5.000.000 sedangkan pada jurnal umum tercatat sebesar Rp 10.000.000. Untuk bisa menunjukkan beban asuransi sebesar Rp 5.000.000 maka harus melakukan cara kredit beban asuransi sebesar Rp 5.000.000 pada jurnal penyesuaian.

Beda lagi dengan contoh jurnal penyesuaian pendapatan diterima dimuka. Untuk jurnal penyesuaian yang satu ini maka kas harus diletakkan di debit karena telah mengalami penerimaan tunai sewa, sedangkan untuk pendapatan sewa diterima dimuka harus diletakkan di kredit karena hutang bertambah.

Dengan memahami contoh jurnal penyesuaian diatas maka Anda sudah bisa paham tentang jurnal penyesuaian pada perusahaan.

Demikian 3 contoh jurnal penyesuaian biaya dan pendapatan bayar di muka, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda.
Bagi ke FB
Bagi ke G+

Related : 3 Contoh Jurnal Penyesuaian Biaya Dibayar dan Pendapatan Diterima di Muka

0 komentar:

Posting Komentar

Anda boleh tuliskan ide, saran, kritik di kolom komentar ini.