Tiga Contoh Jurnal Ilmiah Yang Benar

Jurnal ilmiah merupakan sebuah laporan tertulis yang di dalamnya menjelaskan hasil dari pengkajian atau penelitian. Jurnal ilmiah bisa ditulis oleh perorangan maupun berkelompok. Tulisan ilmiah yang dibukukan dalam sebuah jurnal harus memenuhi suatu kaidah penulisan karya ilmiah dengan etika keilmuan yang telah dikukuhkan. Tulisan ilmiah semacam ini memiliki sistem pengaturan yang sudah ditentukan dan harus ditaati oleh masyarakat. Contoh jurnal ilmiah bisa diakses melalui internet. Berbagai media online sudah mempublikasikan banyak contoh-contoh karangan ilmiah.
Contoh Jurnal Ilmiah

Contoh Jurnal Ilmiah yang Benar

Jurnal ilmiah memiliki manfaat untuk memberikan pengetahuan bagi para pembaca tentang suatu hal yang telah diteliti. Penulisan jurnal pun harus tepat dan jelas sehingga tidak membingungkan pembaca. Meskipun sudah banyak jurnal ilmiah yang diterbitkan di media online, banyak orang yang masih merasa kebingungan tentang karangan ilmiah yang satu ini. Agar tidak kebingungan, berikut akan dijelaskan contoh jurnal ilmiah yang benar.

Contoh jurnal ilmiah yang pertama adalah jurnal ilmiah nasional. Karangan ilmiah yang diterbitkan di jurnal ini berisi masalah-masalah atau isu yang sedang menjadi problema di tengah masyarakat. Pengetahuan terbaru ini dihasilkan oleh para peneliti dari dalam negeri. Siapa pun bisa menerbitkan karyanya di jurnal ilmiah nasional melalui serangkaian seleksi karya yang dilakukan oleh ahli.

Selain jurnal nasional, ada juga contoh jurnal ilmiah internasional. Jurnal semacam ini harus ditulis dengan syarat dan ketentuan penulisan yang sudah disepakati secara internasional. Majalah ilmiah yang memuat karangan ilmiah akan melakukan seleksi yang sangat ketat.

Selain jurnal ilmiah nasional dan internasional, ada juga contoh jurnal ilmiah sederhana di sebuah lingkup instansi tertentu. Jurnal yang seperti ini biasanya ada di wilayah perguruan tinggi.

Contoh jurnal ilmiah yang ada di dalam instansi perguruan tinggi bisa berupa laporan penelitian, skripsi, atau bentuk karya ilmiah lainnya. Karya ilmiah ini menjadi semacam penerapan ilmu yang sudah dipelajari.

Demikian adalah tiga contoh jurnal ilmiah yang benar. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk para pembaca sekalian.
Bagi ke FB
Bagi ke G+

Related : Tiga Contoh Jurnal Ilmiah Yang Benar

0 komentar:

Posting Komentar

Anda boleh tuliskan ide, saran, kritik di kolom komentar ini.